Intent Pada Android


Intent adalah sebuah messaging Object yang dapat digunakan untuk melakukan / meminta action dari componen aplikasi lainnya (Activity Lain, Service dll) 

Intent Explicit (Jelas)
Dimana kita secara explicit menentukan target / component tujuan dari event intent, membuka spesifik halaman memulai atau mengakhiri service dll.

Intent Implicit (Samar / Tidak Jelas)
Dimana kita tidak menentukan target / componnet tujuan dari intent, tapi kita hanya menggunakan Action yang memungkinkan action di handle oleh component / aplikasi lain.
Contohnya Intent.ACTION_VIEW untuk melihat dokument pdf bisa di handle oleh aplikasi Gdrive atau aplikasi pembace pdf lainnya

Intent Filter (Penyaringan Intent)
Ketika melakukan intent implicit maka system akan memunculkan pilihan aplikasi yang memiliki intent filter yang sesuai dengan action dari implicit intent.

Intetn filter ini di deklarasikan pada Manifest aplikasi, tujuannya untuk memfilter action apa saja yang bisa di trigger oleh aplikasi lain, setidaknya setiap aplikasi memiliki 1 intent filter yaitu Intent action MAIN category LAUNCHER, untuk mengahandle event intent implicit dari icon aplikasi yang ada pada halaman home device / OS.



0 comments:

Posting Komentar