Kampus Ideal




Catatan : ini hanya pendapat pribadi dan silahkan dikritisi dan maaf kalau masih rancu.

Kita awali dengan maratib amal.
7 maratib amal :
1. Memperbaiki diri sendiri
2. Membina keluarga Islami
3. Membentuk masyarakat islami
4. Membebaskan tanah air dari penguasa dzolim
5. Memperbaiki Pemerintahan
6. Membangun sinergisitas positif antar negara
7. Menjadi mercusuar peradaban dunia
Lebih jelasnya baca Risalah Ta'lim Hasan Al-Bana

Jika kita menganalis dari alur maratib amal maka tujuan akhirnya bermuara pada pembentukan dunia ideal, yaitu dunia yang di-DOMINASI oleh nilai-nilai islam yang terejawantahkan dalam kehidupan sehingga islam yang rahmatan lil-alamin dapat benar-benar terwujud.

Sekarang kita tarik dalam konteks kampus, maka kita akan mendapat tujuan untuk membentuk kondisi kampus ideal yaitu kampus yang di-DOMINASI oleh nilai-nilai islam yang terejawantahkan dalam kehidupan setiap sivitas akademik UIN SGD Bandung dan kampus sebagai lembaga pendidikan yang huni oleh para intelektual sangat diharapkan dapat membentuk para pakar sesuai dengan spesifikasi keilmuan masing-masing, karena kita tidak hanya membutuhkan orang-orang yang kuat secara ruhiyah saja namun kita membutuhkan orang-orang yang kuat secara ruhiyah, fikriyah, jasadiyah dan amaliyah.

Tentunya peran para aktivis dakwah kampus dalam mewujudkan kondisi kampus ideal memiliki efek domino untuk mewujudkan kondisi dunia yang ideal. Dan seperti itulah salah satu kerangka berfikir yang harus dimiliki para aktivis dakwah kampus.

0 comments:

Posting Komentar