Berbagi Pengalaman Biaya Mobil Tahunan

February 2023 saya baru pertama kali membeli mobil, rasanya saat itu senang sekali & bersyukur bisa memiliki kendaraan untuk keluarga.

Jujur saya sangat awam soal otomotif, belum pernah punya kendaraan sebelumnya, bahkan motor sekalipun, jadi saya belum tau soal perawatan kendaraan, pajak, dll.

Setelah saya memiliki mobil, baru saya tau ada biaya bulanan & tahunan yang cukup lumayan menguras kantong 😅.

Berikut rincian biaya yang saya keluarkan selama 6 bulan pertama :

1. Balik Nama termasuk pajak tahunan (3jt) totalnya sekitar 8jt.

2. Service pertama di bengkel dekat rumah, perbaikan bemper karena nabrak tembok waktu latihan 😅, perbaikannya sekitar 1jt.
Ditambah ganti oli transmisi matic, general check up, ganti filter AC, pengencangan ram & belt mesin totalnya jadi sekitar 2jt.

3. Service pertama di bengkel resmi KM 80rb, sekitar 3jt, kebetulan AC-nya rusak sehingga perlu ganti evaporator tambah lagi sekitar 2jt, totalnya sekitar 5jt.
Untuk service berikutnya 6 bulan lagi sudah dilakukan pengecekan untuk ganti struht ass semua roda totalnya sekitar 5jt.

4. Bensin kira 200-250rb per bulan karena memang jarang dipake, seringnya dipake weekend aja.
Kalau pertahun kira" 2.5jt sampai 3jt.

5. Cuci mobil sebulan 2 kali, sekali cuci 25rb totalnya 50rb per bulan. Pertahun kira" 600rb.

6. Biaya parkir sepertinya kurang dr 50rb sebulan, niatin sedekah aja. Pertahun kira" 600rb.

0 comments:

Posting Komentar