Software Development Life Cycle Menggunakan Scrum


#ROLE

1. Product Manager
  • Menganalisa kebutuhan user
  • Membuat bisnis flow & flow diagram
  • Diskusi dengan lead developer mengenai kemungkinan implementasi
  • Membuat sketsa mock up / wireframe
2. Designer
  • Membuat mock up / design tampilan aplikasi sesuai dengan wireframe dari PM
  • Diskusi dengan developer mengenai kemungkinan implementasi / best practice
3. Developer / Programmer
  • Membuat program sesuai dengan bisnis proses & design
  • Deploy / release aplikasi ketika sudah lulus test oleh QA
4. Quality Assurance
  • Menguji program apakah sudah sesuai secara proses bisnis & tampilan
  • Menentukan fitur mana saja yang sudah lulus test & siap di deploy / release.

#FLOW
  1. Back Log
  2. Pre Sprint 1
  3. Pre Sprint 2
  4. Sprint Plan
  5. Sprint
  6. Sprint Review

# Jira Flow
  1. Open
  2. Development
  3. Deploy Integ
  4. Testing Integ
  5. Integ Pass
  6. Deploy Sandbox
  7. Testing Sandbox
  8. Sandbox Pass
  9. Product Review
  10. Done / Released
  11. Re Open

# Tools
  1. Jira, Trello or others
  2. Adobe XD or Zeplin or others
  3. API Doc Swagger or others
  4. Slack (make your personal messaging app free from task or issue)
  5. scrumpoker 
  6. easyretro.io
# Happiness
    1. Technical sharing session / learning from mistake
    2. Play Time once a (week/ sprint / month)
    3. Daily Stand Up Meeting Using English
    4. Appreciate who help you yesterday on Daily Stand Up Meeting
    5. Using slack to separate your work & personal life (Don't use Whatsapp for work)

# Quality Checker
  • Crash free user lebih dari 90%
  • Bugfixing tidak lebih dari 30% (story point) setiap sprint.


0 comments:

Posting Komentar